ANDRI
Blog Universitas Komputer Indonesia

Copywriting adalah Kunci Digital Marketing, Ini Alasannya

Perkembangan bisnis di sektor digital menjadi tantangan bagi banyak orang. Para pelaku usaha beralih dari konvensional ke digital. Untuk meningkatkan penjualan dari sektor digital, tentunya para pelaku usaha membutuhkan media pemasaran atau promosi.

Dari sinilah diperlukan copywriting. Copywriting adalah kunci digital marketing untuk meningkatkan penjualan lewat tulisan pada media promosi. Menarik, bukan? Simak penjelasan berikut untuk tahu lengkapnya.

Apa Itu Copywriting?

Copywriting adalah materi kepenulisan dalam pemasaran yang membujuk orang untuk melakukan tindakan yang Anda hendaki. Misalnya, membeli barang, menggunakan jasa, berlangganan, atau menghubungi customer service. Semua itu memungkinkan dengan copywriting. 

Anda dapat menemukan copywriting pada media pemasaran digital seperti post media sosial, artikel website, landing page, judul, deskripsi video, dan masih banyak lagi.

Jenis-jenis Copywriting

Terdapat beberapa jenis copywriting yang digunakan dalam pemasaran digital.

1. Marketing

Jenis copywriting yang pertama adalah marketing. Marketing copywriting fokus menawarkan produk, memberikan solusi pada customer, dan menyampaikan manfaat produk. Dengan begitu, jenis copywriting ini bertujuan meyakinkan calon customer untuk membeli produk atau memanfaatkan jasa yang ditawarkan. Biasanya, marketing copywriting digunakan pada homepage dan email marketing.

2. SEO

Anda pernah mendengar istilah Search Engine Optimization atau SEO? SEO Copywriting adalah materi kepenulisan dalam pemasaran yang menarik perhatian calon pembeli dan juga memposisikan konten pada Google. Jenis copywriting ini dikerjakan dengan memenuhi seluruh persyaratan SEO. 

Biasanya, SEO copywriting digunakan pada landing page, deskripsi, dan kategori produk. Agar pelaku usaha lebih fokus pada penjualan, terdapat beberapa agensi digital marketing yang menawarkan jasa copywriting, jasa copywriting landing page, hingga jasa SEO Copywriting.

3. Brand

Jenis yang ketiga adalah brand copywriting yang bertujuan membentuk citra dan identitas dari sebuah brand. Copywriting yang tepat juga dapat membuat suatu brand lebih unik daripada kompetitornya sehingga lebih dikenali calon konsumen. Anda dapat menemukan brand copywriting dalam bentuk tagline atau slogan brand. Jenis copywriting ini juga bisa Anda temukan di logo atau halaman “tentang” pada website.

4. Direct

Direct response copywriting berfungsi mendapatkan tanggapan langsung dari konsumen, misalnya saja mengarahkan mereka untuk berlangganan atau subscribe newsletter, membagikan konten sosial media, dan lain sebagainya. Jenis copywriting ini sering digunakan pada landing page, iklan media sosial, dan homepage.

5. Technical

Yang terakhir adalah technical copywriting. Jenis copywriting ini menyampaikan pengetahuan mendalam bagi pembaca tentang cara kerja sebuah produk atau layanan yang ditawarkan. Anda dapat dengan mudah menemukan jenis copywriting ini pada produk-produk teknologi, kesehatan, dan kecantikan, seperti kosmetik.

Pentingnya Copywriting dalam Digital Marketing

Copywriting adalah kunci digital marketing karena membantu pemasaran lebih efektif. Tanpa copywriting yang baik, akan sulit membujuk orang untuk membeli barang atau menggunakan jasa pada sektor digital. 

Berikut adalah beberapa alasan pentingnya copywriting untuk pemasaran digital:

1. Brand Awareness

Copywriting penting bagi produk-produk atau bisnis yang sedang merintis untuk membangun brand awareness. Brand awareness diperlukan untuk memperkenalkan produk ke audiens yang lebih luas. Dengan copywriting yang kreatif, konsumen dapat mengenal brand Anda secara lebih unik dibandingkan dengan kompetitornya. 

2. Pemasaran yang Lebih Efektif

Calon konsumen biasanya kurang suka “dipaksa” untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu, perlu strategi copywriting yang pas agar pemasaran dilakukan secara soft selling. Dengan begitu, calon konsumen bisa lebih tertarik tanpa merasa dipaksa.

3. Menarik Perhatian Konsumen

Copywriting dalam membuat pembaca lebih penasaran dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Dengan begitu, mereka akan lebih memperhatikan bisnis Anda.

Itulah penjelasan pentingnya copywriting pada digital marketing. Perlu copywriting yang tepat untuk meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, Anda dapat mencari referensi tentang copywriting bagi bisnis Anda.

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 23 Maret 22 - 12:27 WIB
Dalam Kategori : COPYWRITING ADALAH
Dibaca sebanyak : 704 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback